Skip to main content

Penghilang Dahaga Serta Enaknya Es Loder


Kuliner merupakan bidang yang tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat dan merupakan bidang fafvorit yang banyak peminatnya bagaimana tidak, indonesia sangat kaya akan rempah-rempah juga masyarakat kita yang sangat kreativ mengolah bahan rempah-rempah menjadi olahan lezat, salah satu kuliner bogor yang tidak bisa dilupakan adalah es loder merupakan jajanan zaman old atau sudah dari dahulu kala ada namun sampai sekarang masih banyak peminatnya atau penggemarnya walaupun pedagang es ini sudah jarang ditemui.

Es yang melegenda ini pasti dadakan akan ada di bulan puasa sebagai takjil tentunya es ini akan sangat menyegarkan ditambah dengan isiannya yang bisa mengganjal perut menjadi favorit semua kalangan masyarakat. Kalau di bandung dan sekitarnya es ini sering disebut dengan es dawet karena ada bahan tepung hunkwe yang berwarna hijau dengan tekstur lembit yang juga dicamapur dengan biji salak atau sering kali masyarakat sunda menyebutnya dengan candil yang terkahir juga ada bubur mutiara yang berwarna pink, ini lah yang menjadi bahan utama ketika ingin membuat es loder.

Jajanan khas bogor ini sangat diminati bahkan bukan hanya di bulan puasa dan jika ke bogor masih ada yang berjualan jajanan legend ini. Ditambah dengan santan dan gula merah juga es batu sebagai pelengkap membuat makanan ini tidak bisa dilupakan atau diganti dengan makanan kekinian apapun. Bahkan ibu-ibu rumah tangga sekarang sudah banyak yang bisa membuatnya di rumah karena resep yang sudah menyebabr lewat media sosial juga kecanggihan teknologi sehingga apapun terasa mudah dan tidak ada yang tidak bisa dilakukan.

Sebagai takjil di bulan ramadhan pastinya penting sekali untuk mengetahui resepnya apalagi yang tidak tinggal di daerah bogor pasti akan sulit untuk menemukan pedagang es loder maka bisa bikin sendiri di rumah. Makanan yang merupakan kekayaan kearifan lokal orang jawa barat ini mesti dilestarikan jangan sampai tenggelam oleh zaman yang semakin berkembang untuk itu perlu inovasi baru agar makanan ini bisa bertahan di pasaran.

Oldest Post